5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting

Banyaknya layanan web hosting yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah kadang membuat bingung para calon klien. Dalam kesempatan ini kami mencoba memberikan sudut pandang berbeda dalam memilih penyedia layanan web hosting.

1. Technical support dan customer service

Pertama kali melihat spesifikasi paket hosting, calon klien umumnya terpaku pada angka-angka teknis seperti besarnya disk space, bandwidth, harga, fasilitas tambahan dsb. Tidak banyak calon klien yang cukup smart untuk memperhatikan faktor paling penting dalam bisnis jasa dalam bidang apapun: Customer Service. Mendapatkan customer service yang handal dan selalu siap melayani klien jauh lebih penting dari sekedar deretan angka-angka teknis.

Bagaimana mengetahui bagus tidaknya support dari sebuah penyedia layanan?

Lakukan tes sederhana dengan menghubungi customer service melalui email, chat dll sebelum anda melakukan pesanan. Pelayanan bisa dikatakan baik bila anda mendapatkan respon sesegera mungkin. Tes ini mungkin tidak bisa menjamin 100% bahwa mereka akan bagus seterusnya. Namun pelayanan yang baik dan sigap adalah permulaan yang baik.

2. Uptime

Istilah uptime secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana mesin server beserta seluruh fungsinya berjalan dengan semestinya dan website klien bisa diakses dengan normal. Downtime adalah kebalikan dari kondisi tersebut. Dalam dunia hosting, uptime di-monitor dalam jangka waktu tertentu dan 100% adalah angka ideal yang sulit untuk dicapai. Namun sebuah layanan hosting bisa dikatakan baik bila mampu mencapai angka 99% atau lebih dalam sebulan. Sedangkan untuk klien korporat umumnya memakai patokan 99,5% atau lebih.

Penyedia layanan yang baik akan mencantumkan hasil Uptime Monitoring dari pihak ketiga yang akurasinya bisa dipercaya. Sehingga calon klien bisa melihat secara langsung performance dan kestabilan layanan yang ditawarkan.

Seberapa pun canggih dan lengkap sebuah paket hosting, tidak akan berguna bila memiliki waktu uptime yang buruk. Kami sebelumnya adalah pengguna dan pernah mengalami sendiri situasi dimana website kami down selama 3 hari nonstop dan customer service tidak bisa dihubungi alih-alih memberi solusi. Jangan sampai ini terjadi pada anda dan menyebabkan hilangnya sebuah peluang bisnis.

3. Portfolio

Perhatikan bila penyedia layanan menampilkan para klien di website mereka. Dalam dunia web hosting, klien yang tidak puas bisa dengan mudah untuk memutuskan kontrak dan pindah ke penyedia layanan yang lebih baik. Jadi jumlah klien menunjukkan seberapa besar kepercayaan dari para klien terhadap penyedia layanan. Penyedia layanan bisa diberi nilai plus bila dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah terkenal.

4. Spesifikasi Teknis

Baca dengan seksama detail spesifikasi teknis yang ditawarkan. Fokuskan pilihan pada paket yang sesuai dengan kebutuhan, bukan pada paket super-heboh-murah-meriah, namun dalam prakteknya paket tersebut bukan untuk anda. Website tipe company profile atau brosur online umumnya memerlukan disk space tidak lebih dari 300MB, bahkan kurang. Sementara website e-commerce kelas menengah umumnya memerlukan disk space antara 300MB – 1GB.

Jadi yakinkan diri anda bahwa anda tidak memerlukan disk space 100GB plus 10000GB bandwidth untuk webite yang hanya terdiri dari 5 halaman statis.

5. Administrasi dan Policy

Penyedia layanan hosting yang baik selain handal dalam urusan teknis, juga harus memiliki fasilitas administrasi yang mudah dan efisien serta policy (aturan main) yang jelas untuk kliennya. Administrasi mencakup kemudahan pembayaran, penyediaan informasi layanan untuk masing-masing klien dan prosedur technical support yang sistematis. Sementara policy adalah ketentuan layanan yang jelas dan mudah dimengerti termasuk informasi prosedur layanan, larangan-larangan, sanksi-sanksi dsb.

Kedua hal diatas mungkin bukan hal yang wajib, namun diperlukan untuk memberikan layanan yang profesional kepada para klien.

2 thoughts on “5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s