Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi 1 – 5

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak sekali peralatan elektronik yang lebih modern dan canggih, diantaranya laptop & tablet.  Laptop dan tablet hanyalah merupakan beberapa alat elektronik yang mempunyai kecanggihan yang dapat digunakan untuk mengetik, menhitung, dan melakukan berbagai pekerjaan lainnya.

Pada beberapa tahun silam, semua pekerjaan itu hanya dapat dikerjakan oleh komputer desktop. Sekarang ini seiring berkembangnya waktu, dunia elektronik menjadi semakin canggih. Komputer pun menjadi semakin berkembang, baik itu dari segi desainya hingga kemampuan yang dimiliki. Diamana dulunya komputer hanya digunakan sebagai alat hitung untuk membantu menghitung angka-angka sampai akhirnya menjadi suatu perangkat multifungsi seperti sekarang ini yang banyak orang gunakan.

 

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejak pada jaman dulu, manusia  memerlukan alat bantu untuk hitung. Baik itu perbintangan, perdagangan maupun pekerjaan lainnya. Menurut para ahli sejarah, alat hitung pertama kali yang dibuat oleh manusia adalah Abacus atau sering disebut Sipoa yang ditemukan 25 ribu tahun silam oleh bangsa China, dan hingga saat ini masih digunakan. Berbeda lagi dengan bangsa peru dan cina yang  menggunakan quipus yang berupa tali simpul. Di setiap simpulnya melambangkan suatu bilangan tertentu. Kemudian, setelah tahun 1642, di Perancis, Blair Pascal sukses menciptakan mesin hitung yang hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan saja, dan diberi nama Adding Machine, sampai kemudian disempurnakan  oleh Von Leibnitz untuk mengerjakan operasi matematic yang lainnya di tahun 1673.

Setelah ditemukannya listrik oleh M. Faraday, lalu munculah era komputer elektronik, sehingga mulai berkembang alat yang menggunakan tenaga listrik, termasuk komputer. Pada tahun 1942 John Atanasoff dari AS adalah orang pertama yang merancang komputer elektronik dan sampai saat ini pun masih terus berkembang.

 

Sejarah Perkembangan Komputer

Era perkembangan komputer dikelompokkan menjadi beberapa periode, yaitu :

1.    Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

  • Komponen utamanya menggunakan lampu tabung.
  • Ukuran per unit komputer sangat berat dan besar.
  • Membutuhkan alat pendingin yang cukup banyak karena cepat panas.
  • Boros listrik.
  • Prosesnya relatif masih lambat.
  • Ketepatan hasil prosesnya rendah.
  • Kapasitas data kecil.

2.    Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer ini adalah transistor yang lebih unggul segalanya daripada tabung hampa tapi berharga jual murah, dan kelemahan pada generasi pertama dapat diperbaiki.

3.    Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi transistor. Dari sebuah keping IC, bisa menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, hingga memiliki kinerja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.Walaupun ukurannya lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitas lebih besar serta memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.

4.    Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen utama komputer ini telah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang kemampuannya ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil.

5.    Komputer Generasi Kelima
Sekarang para pakar komputer merancang serta memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama, yaitu AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan yang bisa menentukan sikap sendiri apabila akan menerima data. Dan untuk apapun data itu merupakan atas inisiatif sendiri serta akan terus berkembang sampai saat ini.

 

logo_gunadarma2

Muclis Hidayat

54410536

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s